Download Skripsi Teknik Elektro Judul= PEMANTAU JARAK JAUH KETINGGIAN AIR PADA TAMBAK IKAN MELALUI TRANSMISI GELOMBANG FM BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51 (PENERIMA)


ABSTRAK

PEMANTAU JARAK JAUH KETINGGIAN AIR PADA TAMBAK IKAN

MELALUI    TRANSMISI    GELOMBANG    FM    BERBASIS

MIKROKONTROLER AT89S51 (PENERIMA)


Laporan ini menjelaskan tentang aplikasi mikrokontroler AT89S51 pada tambak ikan sebagai pemantau ketinggian air secara jarak jauh melalui transmisi gelombang FM. Gelombang FM (Modulasi Frekuensi) adalah suatu proses pemodulasi dengan cara mengubah-ubah frekuensi gelombang pembawa sinusoidal, yaitu dengan cara menyelipkan sinyal-sinyal informasi pada gelombang pembawa tersebut. Gelombang FM digunakan karena mempunyai banyak kelebihan dibandingkan gelombang AM. Antara lain lebar band gelombang radio yang lebar, sedikitnya berisik yang dihasilkan Penulis menemukan bahwa dengan mengaplikasikan mikrokontroler pada alat ini akan membuat pemantauan dan pengendalian ketinggian air menjadi praktis dan efisien. Dalam pembuatan laporan ini, data-data dikumpulkan melalui studi pustaka, observasi dan wawancara. Dari data yang dikumpulkan, hasilnya menunjukan bahwa sistem pengendali dan pemantau ketinggian air dapat beroperasi jika sensor magnetik mendeteksi ketinggian air sehingga pompa isi akan mengisi air dan pompa buang akan membuang air pada tambak secara otomatis sampai pada ketinggian yang diinginkan dan pemancar akan mengirimkan data ke penerima untuk ditampilkan sebagai pemantau jarak jauh. Berdasarkan hasil yang diperoleh, penulis menyimpulkan bahwa sistem pengendali dan pemantau ketinggian air ini dapat memudahkan dalam pengaturan kebutuhan air dan pemantauan ketinggian air secara jarak jauh pada tambak ikan.

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, terutama di bidang elektronika maju dengan pesat. Hal ini tentunya memacu setiap orang untuk membuat suatu peralatan atau rangkaian elektronika yang memiliki aplikasi rangkaian yang sesuai dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu jaga diharapkan dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah rangkaian elektronik yang digunakan pada sistem pengaturan kebutuhan air pada tambak yang berbasis mikrokontroler dan gelombang FM. Dari hal tersebut, maka penulis berupaya untuk membuat sebuah alat yang dapat membantu pengelola tambak ikan untuk mengendalikan dan memantau ketinggian air dari jarak jauh agar kondisi tambak ikan tetap terjaga dengan baik. Alat ini diberi nama “Pemantau Jarak Jauh Ketinggian Air pada Tambak Ikan melalui Transmisi Gelombang FM Berbasis Mikrokontroler AT89S51 (Penerima)”. Simulasi yang disajikan merupakan pengendali dan pemantau ketinggian air pada tambak ikan. Ketinggian air pada permukaan tambak dideteksi oleh sensor yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu level 1 (kondisi air kosong), level 2 (kondisi air normal), dan level 3 (kondisi air penuh) dengan menggunakan sensor magnetik. Ketinggian air yang diinginkan adalah pada level 2. Apabila ketinggian air berkurang menyentuh level 1, maka secara otomatis elektronik valve input akan terbuka dan melakukan pengisian air sampai batas level 2, dan kemudian elektronik valve input tertutup kembali. Sebaliknya apabila ketinggian air bertambah menyentuh level 3, maka elektronik valve output akan terbuka dan membuang air sampai dengan level 2. Ketinggian air pada permukaan tambak dapat dipantau secara jarak jauh melalui transmisi gelombang radio Frequency Modulation (FM) yang akan ditampilkan melalui tampilan level.

1.2 Tujuan dan Manfaat

1.2.1 Tujuan

Tujuan penulisan laporan akhir ini adalah untuk mempelajari receiver menggunakan RLP-434A dan modulasi ASK yang berfungsi sebagai pemantau jarak jauh ketinggian air pada tambak ikan.

1.2.2 Manfaat

Sedangkan manfaat yang dapat diperoleh dalam pembuatan laporan akhir ini adalah untuk mengetahui prinsip kerja receiver dan modulasi ASK dalam proses penerimaan data yang digunakan sebagai pemantau jarak jauh ketinggian air pada tambak ikan.

1.3 Pembatasan Masalah

Pada laporan akhir ini, penulis membatasi permasalahan yang ditekankan pada bagian penerima (receiver) pada pemantau jarak jauh ketinggian air pada tambak ikan melalui transmisi gelombang FM berbasis mikrokontroler AT89S51

Klik disini Untuk Download Selengkapnya

http://www.ziddu.com/download/12664631/GELOMBANGFMBERBASISMIKROKONTROLERAT89S51PENERIMA.rar.html

2 responses to this post.

  1. allow sobat salam persahabatan………kunjungan menone yang pertama nich

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: