Obat Tradisional Asma


Asma adalah gejala penyakit sesak napas. penderita asma biasanya napasnya berbunyi menciut diiringi batuk, asma disebabkan oleh suatu penyakit alergik (sangat peka terhadap suatu yang masuk kedalam tubuh).

GEJALA

Pernapasan terasa sesak dan sulit, ruang dada agak mengembung, luda hanya sedikit dan sangat pekat. badan terasa lemah dan kadang muka menjadi kebiru biruan.

PENGOBATAN

1. Ambil kencur secukupnya, parut lalu peras. Air hasil perasan ini dicampur dengan madu dua sendok makan dan satu butir telur ayam, kocok dan diamkan sebentar barulah diminum. untuk obat luarnya kira-kira daun sirih 7 lembar dicampur lada putih satu sendok teh ditumbuk lalu di campur lada putih satu sendok teh ditumbuk lalu dicampur dengan minyak kayu putih secukupnya. gunakanlah ramuan ini untuk menggosok dada dan leher.

Kencur

2. Daun randu atau kapuk yang masih muda 6 helai, dicuci bersih, digiling halus lalu diseduh dengan air panas 1/2 cangkir. tambahkan madu satu sendik makan. sesudah suam-suam kuku, air rebusan disaring dan diminum 2 kali sehari 2 sendok makan.

daun randu

3. Bawang putih 10 butir, dicuci, dipotong-potong seperluhnya, kemudian direbus 2 gelas air hingga airnya tinggal 3/4 nya. sesudah dingin , air rebusan disaring lalu diminum 3 kali sehari 1 gelas pada setiap gelas tambahkan madu satu sendok makan.

BAWANG+PUTIH

4. Daun tanjung yang masih muda 1 genggam, dikeringkan lalu dijadikan serbuk dicampur dengan kikisan kayu endana 2 sendok makan. ramuan ini digunakan sebagai pengganti tembakau saat merokok. hisaplah ramuan ini beberapa kali sehari pada saat serangan  penyakit akan datang.

5. Daun sirih 8 lembar, daun akar gamat 12 lembar, biji buat putat 20 buah, lada putih 30 butir, dicuci bersih lalu ditumbuk halus. hasil tumbukan ini diremas dengan minyak kayu putih 3 sendok teh. gunakanlah ramuan ini untuk melumasi  dadah dan leher 1-2 kali sehari atau sebanyak yang diperluhkan.

daun sirih

Leave a comment