Download skripsi teknik elektro Judul= APLIKASI SENSOR INFRA RED SEBAGAI NAVIGATOR DAN PENGGERAK MOTOR DC PADA MOBILE ROBOT ROCEROS-08


ABSTRAK

Aplikasi Sensor Infra Red Sebagai Navigator Dan Penggerak

Motor DC Pada Mobile Robot ROCEROS-08

(2008 : ix : 41 Halaman + 36 Gambar + Lampiran )

Spesifikasi mobile robot yang bernama “Roceros-08” ini disesuaikan dengan peraturan-peraturan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2008 yang bertemakan Robot Cerdas Pemadam Api untuk Divisi Expert Single, Seperti dimensi robot (panjang, lebar, dan tinggi) dan kewajiban-kewajiban atau tugas- tugasnya. Mobile robot ini bekerja dengan mengeksplorasi lorong-lorong yang lebarnya 50 cm dengan sensor Infra Red sebagai navigator untuk mencari keberadaan bayi (disimulasikan dengan boneka yang didekatnya terdapat lampu pijar 15 watt yang dicat hitam) dengan Passive Infra Red sebagai detektor bayi kemudian mencari keberadaan api (disimulasikan dengan lilin) dengan sensor UV-Tron sebagai detektor api. Seperti yang telah dijelaskan di atas, mobile robot “Roceros-08” tersusun atas tiga buah sensor Infra Red sebagai pengindra seperti sebagai detektor dinding (navigator), Passive Infra Red sebagai detektor bayi, UV-Tron sebagai detektor api yang kesemuanya berbasiskan mikrokontroller AVR ATMEGA 8535. Dengan konsep robot yang sederhana tersebut di atas, mobile robot ini dapat dikembang sebagi fire extinguisher atau pemadam kebakaran yang nyata dengan memodifikasinya menjadi sebuah robot yang lebih kompleks sehingga dapat meringankan tugas para pemadam kebakaran.

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Mobile robot ini bekerja dengan mengeksplorasi lorong-lorong yang lebarnya 50 cm dengan sensor Infra Red sebagai navigator untuk mencari keberadaan bayi (disimulasikan dengan boneka yang didekatnya terdapat lampu pijar 15 watt yang dicat hitam) dengan Passive Infra Red sebagai detektor bayi kemudian mencari keberadaan api (disimulasikan dengan lilin) dengan sensor UV-Tron sebagai detektor api. Spesifikasi mobile robot yang bernama “Roceros-08” ini disesuaikan dengan peraturan-peraturan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2008 yang bertemakan Robot Cerdas Pemadam Api untuk Divisi Expert Single, Seperti dimensi robot (panjang, lebar, dan tinggi) dan kewajiban- kewajiban atau tugas-tugasnya. Seperti yang telah dijelaskan di atas, mobile robot “Roceros-08” tersusun atas tiga buah sensor Infra Red sebagai pengindra seperti sebagai detektor dinding (navigator), Passive Infra Red sebagai detektor bayi, UV-Tron sebagai detektor api yang kesemuanya berbasiskan mikrokontroller AVR ATMEGA 8535. Alasan Infra Red Sharp GP2D12 digunakan pada Mobile Robot adalah sebagai pengindera yang memberikan informasi jarak fisik Mobile Robot dengan dinding yang ada di sekitarnya. Informasi jarak dari sensor Infra Red ini diproses oleh mikrokontroler agar dapat menghindari terjadinya tabrakan. Mobile Robot ini menggunakan motor DC sebagai penggerak agar Mobile Robot dapat bereksplorasi menelusuri lorong-lorong dan ruangan yang ada berdasarkan masukan dari mikrokontroler. Sensor Infra Red Sharp GP2D12 memiliki keistimewaan, yaitu dapat mendeteksi mulai jarak 10 cm hingga 80 cm.

1.2 Tujuan dan Manfaat

Dalam pembuatan Laporan Akhir ini terdapat beberapa tujuan dan manfaat, antara lain sebagai berikut.

1.2.1 Tujuan

Adapun tujuan dari perncanaan dan pembuatan Laporan Akhir ini khususnya pada aplikasi Infra Red sebagai navigator pada mobile robotROCEROS-08 adalah sebagai berikut.

Merancang suatu alat yang dapat menggerakan motor DC yang dikendalikan sebuah driver untuk menjalankan robot dalam bereksplorasi yang diterapkan pada mobile robot ROCEROS-08.

Menerapkan sistem Infra Red sebagai sensor jarak untuk menghindaritabrakan fisik terhadap dinding penghalang pada

mobile robot

ROCEROS-08.

1.2.2 Manfaat

Manfaat yang dapat diambil dari perencanaan dan pembuatan Laporan Akhir ini khususnya pada aplikasi Infra Red sebagai navigator pada mobile robot

ROCEROS-08 adalah

Mobile Robot

ROCEROS-08 ini dapat bereksplorasi tanpa terjadi tabrakan fisik terhadap dinding penghalang.

Mobile Robot

ROCEROS-08 ini dapat dikembangkan sebagai robot pemadam kebakaran (fire extinguisher) dengan memodivikasi sistem pemadaman api yang akan mempermudah pekerjaan para pemadam kebakaran.

1.3 Rumusan Masalah

Setelah melihat latar belakang di atas maka dapat ditarik suatu perumusan masalah utama yaitu   bagaimana menghasilkan suatu alat berbasiskan mikrokontroler AVR ATMEGA 8535 yang dapat mengontrol gerakan sebuah Mobile Robot dengan pengaturan arah putaran motor DC yang mampu bereksplorasi secara otomatis menelusuri track atau arena yang telah dibuat hingga menemukan bayi kemudian menandainya dengan buzzer dan menemukan posisi lilin berada serta memadamkan apinya. Robot ini akan berekspolari menelusuri lorong-lorong dan ruangan yang ada dengan pendeteksi berupa sensor Infra Red. Sebagai indikator keberadaan bayi pada sebuah ruangan digunakan sebuah boneka yang disebelahnya diletakkan lampu pijar 15 watt yang dicat hitam. Pada robot digunakan sensor Pasif Infra Red (PIR) untuk menemukan keberadaan bayi dan sensor UV-Tron untuk menemukan posisi lilin.

1.4 Batasan Masalah

Mengingat dan menimbang masalah yang terkait dengan alat ini cukup luas serta keterbatasan pengetahuan dan kemampuan yang penulis miliki, maka penulis merasa perlu untuk membatasi masalah yang akan dibahas dalam penulisan ini. Sesuai dengan judul, maka didalam laporan ini penulis hanya akan membahas tentang Aplikasi Infra Red sebagai Navigator dan Penggerak Motor DC pada Mobile Robot ROCEROS-08.

1.5 Metodologi Penulisan

Untuk mempermudah penulisan dalam penyusunan Laporan Akhir maka penulis menggunakan metode-metode sebagai berikut

Metode Studi Literature

 

Metode studi literature yaitu metode pengumpulan data dari buku-buku yang berhubungan dengan Laporan Akhir penulis.

1.6 Metode Observasi

Metode observasi yaitu metode pengamatan terhadap alat yang dibuat sebagai acuan pengambilan informasi. Observasi ini dilakukan di Laboratorium Teknik Elektronika Politeknik Negeri Sriwijaya. Metode Cyber Metode cyber yaitu metode yang dilakukan dengan cara mencari informasi dan data melalui internet sebagai bahan referensi.

Sistematika Penulisan

Untuk mempermudah dalam penyusunan laporan akhir lebih jelas dan sistematis, maka penulis membaginya dalam sistematika penulisan yang terdiri dari bab dengan urutan sebagai berikut.

: PENDAHULUAN

Dalam bab ini penulis mengemukakan latar belakang, tujuan dan manfaat, perumusan masalah, pembatasan masalah, metodologi penulisan dan sistematika penulisan.

: TINJAUAN PUSTAKA

Bab ini akan menjelaskan tentang landasan teori yang berhubungan dengan alat yang akan dibuat.

: RANCANG BANGUN

Bab ini merupakan inti dari Laporan Akhir, dimana pada bab ini dipaparkan tahap-tahap perancangan alat, mulai dari tujuan perancangan, diagram blok rangkaian lengkap dan pembutan

SoftWare.

: ANALISA PENGUKURAN

Bab ini meliputi pengukuran Har Ware dan analisa pengukuran.

: PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan dari hasil pembahasan serta saran yang diberikan penulis kepada pembaca.

klik disini untuk mendownload selengkapnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: