Gara-gara Facebook


I Know What You Did On Facebook

I Know What You Did On Facebook

Genre: Drama Romantis

Sutradara: Awi Suryadi

Penulis Skenario: Awi Suryadi dan Alberthiene Endah

Pemain: Fanny Fabriana, Edo Borne, Kimmy Jayanti, Imelda Therinne, Yama Carlos, Agastya Kandau, Fikri Ramdhan, Restu Sinaga

Produser: Shankar Rs. B.sc., Awi Suryadi, Pms Tjandra, dan Fery Wiraatmadja

Produksi: Digital Film Maker & Sisterbros Nationtainment


Curahan hati, kerinduan, balas dendam, dan ajang narsisme semua bergumul dalam situs jejaring sosial anyar bernama Facebook. Di situs itu, tiap orang bisa membangun dunianya sendiri dan bahkan menciptakan identitas baru bagi dirinya. Hingga akhirnya, batas antara maya dan nyata pun terasa tipis. Dan sensasi itu pun mengaburkan perbedaan antara perasaan konkret dan khayalan.


Gejolak ini pun dirasakan Luna (Fany Fabiana) dan Via (Kimmy Jayanti) setelah bersekongkol dalam sebuah permainan cinta. “Kita bertukar pacar di Facebook aja,” ajak Via. Setelah dua sahabat kental ini capek berkeluh kesah tentang pacar masing-masing, ide gila itu pun muncul. Luna yang dewasa dan serius mendambakan pacar Via, Hedi, yang perhatian. Sebaliknya, Via yang slebor, badung, dan gaul, jengah dengan perhatian sang pacar. Ia lebih tertarik dengan pria setipe yang dimiliki pacar Luna, Reno (Edo Borne). Luna pun mengakrabi Hedi, dan Via pedekate dengan Reno.

Kisah Luna-Reno diwarnai dua kisah lain. Doni (Agastya Kandau), kakak Reno, seorang gay yang belum berani mengungkapkan jati dirinya ke permukaan. Ia jatuh cinta pada Erik (Yama Carlos), rekan kerjanya. Tapi Erik menunjukkan sikap angkuh dan antipati. Di Facebook, Doni membuat akun samaran dengan nama ‘Mr. Banana’. Ia berhubungan sangat dekat dengan pemilik akun yang menamakan diri ‘Monkey’.

Keduanya sangat mesra di Facebook, dan tak malu-malu menampakkan diri sebagai gay. Sebuah rasa terlarang pun kemudian lahir di antara chit chat mereka. Doni, yang sudah depresi tak mendapatkan cinta Erik, akhirnya mengakui blakblakan pada ‘Monkey’ jati dirinya.

Adapun, Marlene (Imelda Therinne), kakak Luna, istri penurut yang kesepian, pun terjebak dalam Facebook. “Kendaraan” yang awalnya diperkenalkan Luna agar Marlene punya teman ini membawa kehangatan lewat komunikasi intensif dengan seorang cowok muda. Si cowok yang bernama Jodi itu, dengan telak berhasil menerbangkan Marlene lewat komunikasi erotis yang sangat menggoda.

Sekilas, film terbaru Awi Suryadi yang berjudul I Know What You Did On Facebook ini memang mirip dengan judul film Hollywood, I Know What You Did Last Summer. Namun ini bukan film horor melainkan bergenre drama romantis.

Setelah menggarap deretan film sebelumnya, antara lain, Asmara Dua Diana, Selendang Rocker, Gua Kapok Jatuh Cinta, Cintaku Selamanya, Claudia/Jasmine, dan Sumpah Pocong di Sekolah, film ini memang membawa kesegaran baru dalam ide ceritanya. Dilakoni oleh para pemain yang tampil cukup baik, film ini cukup menarik untuk disimak. Melihat penampilan baru Kimmy Jayanti, model Indonesia yang berkarir di luar negeri dan menjadi ikon Fashion TV, menyaksikan hasrat tertahan Agastya Kandau dan Fani Fabriana yang memar biru.

Hanya saja, Awi belum mengeksekusinya dengan editing kamera yang baik. Di beberapa adegan, gambarnya tak fokus. Bahkan, di bagian Reno dan Luna ribut di halaman rumah, gambar dibuat terombang-ambing, mengikuti garis horisontal lantai. Seperti menonton di dalam kapal laut dan bikin pusing. Entahlah, mungkin Awi tengah bereksperimen dengan ide barunya.

Sumber: tempointeraktif.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: