Download Skripsi Teknik Elektro JUDUL= ALAT PENGHITUNG BARANG SERTA PEMILIH TINGGI BARANG BERBASIS MIKROKONTROLLER AT89S52


ABSTRAK

Tujuan dari laporan akhir ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari cara kerja motor stepper pada alat penghitung barang serta pemilih tinggi barang berbasis mikrokontroller berbasis mikrokontroller AT89S52. Sebelum kita melakukan perakitan dan pembuatan alat ini, kita harus terlebih dahulu mempelajari karakteristik dari komponen-komponen apa saja yang harus kita bahas. Alat penghitung barang serta pemilih tinggi barang berbasis mikrokontroller AT89S52 ini bekerja sama seperti alat penghitung barang lainnya, hanya bedanya disini barang yang tidak sama tinggi akan terdorong keluar. Bila barang yang sama tingginya akan melewati sensor infrared dan akan terhitung berapa jumlah barang yang lewat dengan melihat tampilannya di LCD. Apabila barangnya tidak sama tinggi, maka barang tersebut akan menyentuh sensor mikroswitch, dan mengaktifkan motor stepper, maka motor stepper akan mendorong keluar barang tersebut.

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini turut memberikan kontribusi bagi kemudahan penyelenggaraan kehidupan manusia dengan adanya perkembangan yang tak henti-hentinya dibidang teknologi terutama dibidang elektronika. Banyaknya persaingan dalam dunia elektronika, mengakibatkan manusia mengubah sistem peralatan yang manual menjadi sistem peralatan otomatis

berbasis Mikrokontroller yang dapat membantu melakukan pekerjaan yang diinginkan. Kemudahan tersebut membuat manusia dapat menggunakan waktu yang lebih efisien dan efektif tanpa harus menguras tenaga dan pikiran. Sehingga manusi tidak perlu terlalu banyak melibatkan diri untuk melakukan pekerjaan, manusi tinggal memberikan sedikit bantuan pada alat agar alat dapat bekerja dan

beropersai semestinya. Demikian juga, kemudahan itu tidak hanya untuk pribadi manusia, tetapi juga dalam kegiatan produksi pada sebuah pabrik seperti dibagian packing.

Oleh sebab itu, penulis memberikan solusi mengatasi permasalahan diatas yang dapat mempermudah manusia melakukan pekerjaan dengan memanfaatkan mikrokontroller AT89S52 sebagai pengontrol sistem dan merancang suatu rangkaian yang mampu memberikan masukan ke mikrokontroller untuk menghitung barang serta pemilih tinggi barang. Terutama dalam penghitungan barang dalam jumlah yang cukup banyak, dimana barang yang tidak sama tinggi akan terseleksi terlebih dahulu. Setelah itu barang yang sudah diseleksi akan terhitung berapa banyak barang yang masuk.

1.2 Rumusan MasalahDalam penulisan laporan akhir yang berjudul “Alat Penghitung Barang Serta Pemilih Tinggi Barang Berbasis Mikrokontroller AT89S52”, mencakup materi pembahasan yang luas. Untuk itu penulis membatasi pokok permasalahan yang akan dibahas, sehingga tidak keluar dari pokok permasalahan. Berdasarkan pada masalah yang telah dirumuskan, hal-hal yang berkaitan dengan alat yang akan dibuat diberi batasan sebagai berikut:

1. Bagaimana prinsip kerja motor stepper dari rangkaian alat penghitung barang serta pemilih tinggi barang berbasis mikrokontroller AT89S52.

2. Bagaimana rancang bangun dari alat penghitung barang serta pemilih tinggi barang berbasis mikrokontroller AT89S52.

1.3 Tujuan dan Manfaat

Tujuan

Adapun tujuan yang dapat diambil dari pembuatan alat ini, yaitu:

1. Untuk mengetahui prinsip kerja dari alat penghitung barang serta pemilih tinggi barang berbasis mikrokontroler AT89S52.

2. Untuk merancang bangun dari alat penghitung barang serta pemilih tinggi barang berbasis mikrokontroller AT89S52.

Manfaat

Adapun manfaat yang dapat diambil dari pembuatan alat ini, yaitu:

1. Bisa digunakan didalam sebuah produksi baik dibagian packing atau lainnya.

2. Untuk penghitungan barang dalam jumlah yang cukup besar atau banyak.

1.4 Metode Rancang Bangun

Dalam penulisan laporan akhir ini penulis menggunakan metode rancang bangun. Dimana dalam pembuatan alat ini penulis menggunakan beberapa tahap. Yang pertama, penulis membuat rangkaian yang berhubungan dengan alat penghitung barang serta pemilih tinggi barang berbasis mikrokontroller AT89S52. Rangkaian yang digunakan penulis adalah rangkaian pemancar inframerah, rangkaian penerima inframerah, mikrokontroller, rangkaian penghubung Liquid Crystal Display (LCD), dan rangkaian catu daya dimana rangkaian ini sangat berpengaruh pada jalannya rangkaian. Kedua, untuk menjalankan rangkaian tersebut, digunakan beberapa komponen pendukung agar rangkaian bisa berjalan. Ketiga, membuat layout rangkaian tersebut di papan PCB dengan melarutkan papan ke larutan periklorit. Keempat, setelah papan dilarutkan dan dikeringkan, penulis melanjutkan dengan proses perakitan, seperti mengebor papan tersebut dan memasukkan komponen yang mendukung rangkaian tersebut dan langsung disolder. Dan yang terakhir dalam metode rancang bangun ini adalah proses mekanik nya sehingga terwujudnya benda jadi alat pengitung barang serta pemilih tinggi barang berbasis mikrokontroller AT89S52. pada bagian ini meliputi tahap pengeboran, perakitan alat, pembuatan box dan pengecetan.

1.5 Sistematika Penulisan

Untuk memperoleh penulisan, maka dalam sistem penulisan Laporan Akhir ini, penulis membuat sistematika penulisan sebagai berikut :

BAB I

BAB II

PENDAHULUAN

Pada bab ini diuraikan mengenai latar belakang, tujuan dan manfaat, rumusan masalah, metode penulisan dan sistematika penulisan.

TINJAUAN PUSTAKA

Pada bab ini akan dibahas mengenai teori penunjang dan teori yang mendasar dari perangkat yang digunakan dalam pembuatan alat ini.

BAB III

RANCANG BANGUN ALATPada bab ini akan dibahas mengenai rancang bangun alat pada alat penghitung barang serta pemilih tinggi barang berbasis mikrokontroller AT89S52.

BAB IV

BAB V


HASIL DAN PEMBAHASAN

Pada bab ini akan dibahas mengenai pengujian dan pengendalian putaran motor stepper dengan menggunakan mikrokontroller AT89S52.

PENUTUP

Pada bab ini berisikan tentang kesimpulan yang diperoleh pada saat pembuatan alat dan penulisan Laporan Akhir serta saran-saran dari penulis yang mungkin berguna bagi pengembangan alat dan

pemanfaatan alat.


DOWNLOAD SELENGKAPNYA DISINI

4 responses to this post.

  1. I like what you guys tend to be up too. This kind of clever
    work and exposure! Keep up the great works guys I’ve added you guys to my
    blogroll.|

    Reply

  2. Hello there, simply become aware of your weblkg via
    Google, and found that it is truly informative.

    I am gonna be careful for brussels. I’ll be grateful for those who preoceed
    this in future. A lot of other folks can be benefited out of youyr
    writing. Cheers!|

    Reply

  3. Hi there, I discovered your web site by means of Google whilst searching
    for a related topic, your site came up, iit looks good.
    I’ve bookmarked it in my google bookmarks.

    Reply

  4. Thanks for a marvelous posting! I definitely enjoyed reading it,
    you happen to be a great author.I will always bookmark
    your blog and will often comme back later on. I want to encourage you continue you great writing, have
    a nice evening!|

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: