Download Skripsi teknik informatika judul Remote Access Pada Jaringan Windows Berbasis Protokol TCP/IP


BAB I
PENDAHULUAN
1.     Latar Belakang

Di era Millenium baru yang telah kita masuki pada saat ini tentunya sejalan dengan terus berkembangnya pembangunan yang semakin memperbaiki dan melengkapi kekurangan – kekurangan yang selalu nampak pada setiap perkembangan informasi yang dilaksanakan oleh pemerintah ataupun oleh perusahaan-perusahaan swasta.

Berdasarkan hal tersebut tentunya segala aspek kehidupan menjadi pertimbangan tersendiri atas berjalannya kemajuan yang mungkin hanya beberapa pihak atau organisasi tertentu yang memandang perlu mengikutsertakan perkembangan teknologi khususnya pada teknologi komputerisasi yang semakin hari semakin meningkat sejalan dengan kebutuhan pasar yang terus menuntut keefektifan, kemudahan, kecepatan sampai dengan keringanan pembiayaan untuk mendapatkan hasil dan kepuasan yang diinginkan.

Melihat dari begitu pesatnya dunia teknologi khususnya dibidang komputerisasi maka sudah selayaknya hal ini menjadi satu dari sekian alternatif untuk mendapatkan kemudahan yang ditawarkan diatas dalam menunjang pembangunan yang tentunya dipengaruhi oleh teknologi komputer. Semakin kedepan maka semakin baik dan kemudahan yang selalu ditawarkan teknologi ini sehingga semakin dicari serta dibutuhkan oleh para pengguna teknologi informasi ini.

Abad 21 dikenal dengan abad informasi dimulai dengan ditemukannya mesin pintar, yaitu komputer yang makin lama berkembang makin canggih sampai dengan lahirnya perpaduan kreatif antara teknologi komputer dengan telpon, yang populer dengan istilah kawin agung antara komputer dengan telpon.

Saat ini, alih data secara cepat dan akurat menjadi kebutuhan yang mendesak. Hampir setiap orang, atau perusahaan membutuhkan alih informasi untuk mendukung usahanya. Suatu perusahaan mungkin menginginkan bisa memperoleh data dari lapangan secara otomatis. Baik secara real-time maupun tidak. Tentu akan menjadi tidak efesien jika setiap kali ingin melihat atau memperoleh data karyawan harus datang ketempat alat tersebut berada (yang letaknya terpisah dengan kantor pusat). Begitu juga dalam mengendalikan alat, akan sangat meningkatkan efesiensi waktu, tenaga dan  biaya jika alat tersebut dapat dikendalikan dari jarak jauh. Komunikasi data melalui jaringan komputer menjadi alternatif yang paling baik, karena memungkinkan alih informasi secara cepat dan akurat.

Dengan perpaduan teknologi ini kita dimungkinkan untuk mengirim dan menerima data sekaligus mengolahnya tanpa dibatasi oleh jarak, dimana saja dan kapan saja  sepanjang ditempat tersebut ada fasilitas telpon, hal inilah yang mendasari beberapa perusahaan ataupun instansi pemerintah dalam melaksanakan  konsep kerja jarak jauh.

Pada pembahasan tersebut diatas, kita akan menspesifikasikan Remote Access Pada Jaringan Windows Berbasis Protokol TCP/IP, hal tersebut didasari dengan diberikannya kemudahan kepada seorang Administrator pada sebuah perusahaan dalam melaksanakan fungsinya, baik itu sebagai backup operator, auto shut down operator ataupun pengiriman data dan pesan dan lain sebagainya, dan yang terpenting adalah sebagai kendali pada manajemen suatu jaringan.

  1. 2. Rumusan Permasalahan

Remote Access Pada Jaringan Windows Berbasis Protokol TCP/IP, ini merupakan suatu sistem yang bisa digunakan dalam pengendalian suatu manajemen Jaringan, dimana Administrator dapat dengan mudah mengendalikan dan mengontrol user, aktifitas user serta memberikan kemudahan dalam proses backup data Client atau aktifitas yang lainnya.

Oleh karena itu diperlukan suatu sistem yang mampu melakukan hal tersebut agar si pengguna dan pengelola dapat menikmati fasilitas yang tersedia tersebut secara baik dan terkomputerisasi.

  1. 3. Maksud dan Tujuan

Pengembangan Sistem Remote Access Pada Jaringan Windows Berbasis Protokol TCP/IP pada manajemen jaringan, memiliki beberapa tujuan, antara lain :

  1. Untuk memberikan suatu alternatif sistem pengendalian dan manajemen jaringan dengan menggunakan protokol yang bersifat fleksibel.
  2. Memberikan kemudahan pada Administrator jaringan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menangani manajemen jaringan.
  3. Sebagai latihan untuk dijadikan titik pandang seberapa jauh pengertian – pengertian yang telah didapat dan menerima pemikiran – pemikiran tentang komputer semenjak awal kuliah hingga tulisan ini dibuat.
  4. Disamping itu akan dicoba menjadikan tulisan ini sebagai bahan  penulisan ilmiah agar dapat dikembangkan lagi pada karya – karya ilmiah selanjutnya.
  5. Sebagai tujuan jangka panjang, agar sistem ini dapat dikembangkan lebih lanjut, sehingga kehandalan serta unjuk kerja dari sistem ini lebih baik.
  1. 4. Ruang Lingkup Masalah

Remote Access Pada Jaringan Windows Berbasis Protokol TCP/IP ini cukup kompleks dengan algoritma. Pada pengembangannya program dibatasi pada beberapa permasalahan, antara lain :

  1. Sistem pengendalian dan manajemen jaringan yang dioperasikan pada jaringan lokal.
  2. Kemudahan sistem yang digunakan dengan memanfaatkan protokol yang berfungsi sefleksibel mungkin.
  3. Memberikan suatu alternatif, yaitu mencoba memberikan kemudahan bagi seorang Administrator jaringan dalam mengontrol dan mengendalikan jaringan komputer.
  1. 5. Metode Penelitian

Pengembangan sistem Remote Access Pada Jaringan Windows Berbasis Protokol TCP/IP dikembangkan dalam beberapa tahap pengembangan, antara lain :

a. Identifikasi Masalah

Dengan memahami permasalahan yang sering timbul pada manajemen jaringan dengan pendekatan Akuisisisi Data dan Sistem Pengendalian Jaringan dengan menggunakan protokol TCP/IP, selanjutnya dilakukan analisa dengan mengumpulkan beberapa pengetahuan yang berkaitan dengan permasalahan.

b. Penentuan penggunaan Solusi

Dengan didasari pengetahuan tentang permasalahan yang timbul kemudian ditentukan solusi manakah yang baik untuk dipergunakan.

c. Pemilihan Teknik Inferensi Pengetahuan

Membentuk algoritma berdasarkan solusi dari permasalahan yang dihadapi sehingga penyelesaian masalah dapat dipilah-pilah berdasarkan permasalahannya.

d. Implementasi Permasalahan

Dimulainya proses pengembangan sistem dengan penulisan kode-kode program beserta rancangan dialog bagi pemakai sistem, sehingga program dapat digunakan sebagaimana mestinya.

e. Pengujian Program

Sistem diimplementasikan secara langsung dengan menyertakan beberapa contoh kasus dalam menguji keberhasilan program dalam mencapai hasil akhir yang diharapkan.

  1. 6. Sistematika Penulisan

Untuk mendapatkan gambaran tentang isi dari penulisan ini, secara sistematis disusun menjadi beberapa bab, antara lain :

BAB        I           : PENDAHULUAN

Menguraikan tentang latar belakang permasalahan,   tujuan penulisan, ruang lingkup permasalahan serta metode yang digunakan dalam pengembangan program.

BAB        II          : LANDASAN TEORI

Menguraikan pengetahuan-pengetahuan yang berhubungan dan yang dibutuhkan untuk mengenali permasalahan yang timbul berikut dengan solusi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

BAB        III         : ANALISA DAN RANCANGAN PROGRAM

Berisi tentang bagaimana permasalahan dirumuskan dan diberikan solusi secara algoritma sehingga permasalahan dapat diselesaikan.

BAB        IV        : IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN PROGRAM

Berisi implementasi permasalahan yang telah disusun dalam bentuk program komputer dan mengujinya dengan beberapa contoh kasus untuk dianalisa keberhasilan dari program itu sendiri.

BAB        V         : PENUTUP

Berisi kesimpulan dari seluruh penulisan yang mengacu pada Bab III dan Bab IV serta saran -saran bagi alternatif sistem Remote Access Pada Jaringan Windows Berbasis Protokol TCP/IP.

 

Klik disini untuk download selengkapnya

About these ads

3 responses to this post.

  1. Posted by icham on January 25, 2011 at 2:26 pm

    plese… saya sangat butuh skripsi tek informatika….. n waktunya jg sdah mepet…. tinggal 1 minggu lagi….. trima kasih sebelumnya…. mungkin ini bisa membantu saya…. karena kebetulan blok ini saya buka…

    Reply

  2. Posted by Yasa on August 29, 2012 at 3:12 pm

    Mas bro ad gak programnya..????

    Reply

  3. I became advised this web site by way of my own relation. I am not selected whether or not it submit is usually published by your pet as who else realize like exceptional about my problem. You will be wonderful! Thanks!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: