Fakta-fakta akibat ngantuk & Jurus Jitu Mengatasi Ngantuk


Fakta-fakta akibat ngantuk

Tahukah Anda? Beberapa kecelakan yang terjadi di berbagai penjuru dunia ada yang diakibatkan oleh ngantuk. Sopir yang ngantuk telahmengakibatkan kecelakaan. Ada luka-luka, ada yang stress, bahkan ada yang sampai meninggal dunia. Berapa puluh juta kerugian yang ditanggung perusahaan, ataupun pribadi yang diakibatkan oleh hal yang biasa dianggap sepele ini. Maukah Anda atau saudara Anda mengalami hal seperti itu? Tentu tidakmau, bukan. Beberapa pelajar atau mahasiswa mengeluhkan tidak mampu

menghasilkan target yang dinginkan dalam belajar. Itu juga diakibatkankarena pada saat mengikuti pelajaran atau kuliah sering diserangngantuk. Ada juga yang karena pada saat mempelajari lagi materi di rumah atau dikosan, juga sering didatangi ngantuk. Sehingga belajar menjadi tidak optimal. Tugas sering tidak tuntas dikerjakan. Lalu mau sampai kapan hal itu menghantuinya? Dalam kegiatan sehari-hari, pernahkah Anda ngantuk pada saat meeting. Atau barangkali pada saat ikut seminar, pelatihan, pengajian, menunggu kawan, ngobrol, bahkan saat makan sekalipun? Kapan dan di mana orang sering gantuKapan ngantuk Pernahkah Anda mengalami ngantuk berat? Pernahkah ngantuk

menghalangi aktifitas Anda? Ada peribahasa “tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta”. Maksud lho? Maksud saya”. Ayo kita kenali lebih detil, kapan dan di mana saja orang sering terserang ngantuk?

Saat belajar

Sebagian orang sering mengalami ngantuk pada saat belajar. Belajar yang dimaksud disini adalah belajar disatu ruangan. Baik itu seorang pelajar, mahasiswa, karyawan, peserta diklat, seminar, penyuluhan, pengajian, dan sejenisnya. Apa yang menyebabkan orang sering ngantuk pada saat belajar? Berdasarkan pengalaman dan pendapat dari beberapa “alumni partai ngantuk”. Tentu yang harus Anda periksa pertamakali adalah mo-ti-vasi. Karena motivasi sangat menentukan pensikapan seseorang pada saat belajar.

Coba Anda bayangkan! Jika motivasi kita lemah dalam mengikuti suatu pelajaran, apa yang akan Anda rasakan? Ya, Anda akan merasa malas, bosan atau bahkan jenuh. Nah, dari sinilah awalnya ngantuk meraksuki diri Anda.

Bagaimana jika Anda merasa motivasi mengikuti perkuliahan atau pelajaran cukup kuat. Eh… masih ngantuk juga. Kemungkinan lain adalah kondisi pisik yang memang tidak prima. Apakah kelelahan, sangat kurang tidur, atau ada hal-hal lain yang membuat pisik tidak prima. Mungkin juga pembawaan guru, dosen, atau nara sumber saat itu tidak menarik bagi Anda.

Saat membaca

Pada saat membaca, salah satu bagian tubuh yang terkuras tenaganya adalah mata. Banyak lho orang yang mengeluhkan sering diserang ngantuk pada saat membaca. Entah itu membaca di kamar, di ruang tamu, di perpustakaan, ataupun di tempat umum. Hal ini disebabkan oleh… apa coba? pertama, sama dengan yang di atas. Ya…. itu dia = mo-ti-va-si, buku yang Anda baca memang tidak terlalu menarik bagi Anda. Ketiga, faktor pencahayaan yang kurang terang.

Saat berkendaraan

Nah, tidak sedikit orang yang sering terserang ngantuk pada saat mengendarai mobil maupun motor. Apakah Anda pernah mengalaminya? Wah, hati-hati! Anda tahukan bagaimana resiko orang yang ngantuk pada saat mengendarai mobil atau motor?

Saat rapat

Saya sering mendengar dan melihat sendiri bagaimana orang ngatuk pada saat rapat atau semacam pertemuan resmi. Sebetulnya bisa tidak ada manfaat sama sekali pertemuan tersebut bagi yang ngantuk. Lebih fatal lagi kalau pertemuan itu membicarakan urusan negara atau maju mundurnya suatu perusahaan.

Saat ibadah

Hampir di setiap acara pengajian, ceramah keagamaan, ada saja orang yang ngantuk. Memang saat ini merupakan saat-saat rawan orang terserang ngantuk. Bahkan pernah ada yang tertidur sampai mendengkur pada saat khutbah jum’at. “Kalau mau tidur di rumah aja mas” ?.

Saat di kendaraan umum

Pernahkah Anda ngantuk saat naik kendaraan umum, seperti angkot, bis kota, kereta api dan kendaraan umum lainnya. Suatu saat teman saya yang ngantuk di kendaraan umum. Tidak terasa sambil mengeluarkan “hujan local” lalu tertidur. Tiba-tibaaa…… wah, wah, hp saya mana ya?

Apa yang terjadi, hp-nya diambil orang . Makanya hati-hati!

Saat bekerja

Hal ini sebetulnya sudah menjadi rahasia umum. Ngantuk saat bekerja. Apapun pekerjaan Anda, di manapun Anda bekerja, kapanpun waktunya. Yang jelas bukan saat yang tepat Anda terkantuk-kantuk apalagi sampai tertidur. Apa coba akibatnya jika ngantuk tidak dapat Anda.

kendalikan pada saat bekerja.

1. Anda mungkin tidak dapat mencapai target seperti rekan Anda yang lain

2. Anda menjadi cemoohan teman-teman

3. kredibilitas Anda bisa turun

4. kecelakaan bisa menimpa Anda, jika yang Anda mengerjakan hal-hal yang mengandung resiko tinggi

5. atau Anda dipecat karena dianggap tidak disiplin

3 Jurus Jitu Mengatasi Ngantuk

FaktoFaktor-faktor penting untuk mengatasi ngantuk

Setidaknya ada tiga faktor yang penting untuk mengusir ngantuk. Yaitu ;

1. faktor internal. Faktor ini ada di dalam diri Anda masing-masing. Faktor ini adalah faktor motivasi. Jika motivasi Anda lemah, tekad Anda tidak kuat, serta semangat hanya angat-angat tahi ayam. Jelas jangan harap Anda dapat mengatasi ngantuk. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda memilki motivasi yang kuat, tekad yang bulat, serta semangat yang membara dalam melakukan segala aktifitas Anda.

2. faktor strategi. Jika Anda menggunakan cara dan strategi yang tidak tepat, maka upaya Anda akan pecuma saja. Misalnya, setelah Anda coba berulang kali, ternyata Anda tidak cocok dengan cara cuci muka untuk mengatasi ngantuk. Oleh karena itu, tinggalkan saja cara tersebut. Temukan cara yang betul-betul cocok bagi Anda. Pada ebook ini, saya beberkan kiat-kiat praktis mengatasi ngantuk. Silahkan Anda coba, ya.

3. faktor eksternal. Faktor ini antara lain orang-orang di sekitar Anda. Bicara baik-baik, lalu minta tolong untuk diingatkan jika Anda ngantuk. Apa itu dengan cara dimissed calls, dipijat, dikejutkan, atau disiram bila perlu. ?

Kiat-kiat praktis mengatasi ngantuk

Ada banyak cara untuk mengatasi ngantuk. Berikut ini yang dapat Anda lakukan untuk mengusir ngantuk;

1. melakukan senam, gerakkannya terserah Anda. Yang penting dapat mengusir kantuk.

2. mencuci muka, ini umum dilakukan tetapi tergantung kecocokan, karena ada juga yang bertambah rasa ngantuknya kalu cuci muka

3. melakukan perubahan posisi duduk, baik posisi duduknya atau tempat duduknya. Hindari tempat duduk yang membuat Anda aman dari penglihatan orang dan nyaman bagi tubuh Anda. Karena hai itu akan mempercepat datangnya sang kantuk.

4. menarik napas yang dalam, lakukan beberapa kali. Saya paling senang melakukan cara ini. Selain dapat mengusir kantuk, juga baik untuk kesehatan.

5. buka jendela kaca mobil, jika Anda sedang mengendarai mobil. Supaya angin langsung mengenai muka Anda.

6. oleskan semacam balsem di sekitar mata Anda. Cara ini saat-saat darurat saja.

7. makan cemilan, tapi cara ini jangan dilakukan bagi Anda yang sedang belajar di kelas. Nanti pak guru atau pak dosennya marah.?

8. tempelkan sejenis es batu di mata Anda. Beberapa orang senang melakukan cara ini.

9. mencium wewangian yang tentunya cocok bagi Anda. Bisa juga mencium bau-bauan, tetapi saya tidak merekomendasikan cara ini.

10. minum kopi bisa ditambah garam. Lebih aman minum yang segarsegar dan bervitamin.

11. mengerutkan mata selama kurang lebih 10 detik. Bisa dicoba beberapa kali.

12. full musik, bagi sebagian orang bisa membangkitkan semangat beraktifitas. Sehingga Anda dapat mengucapkan selamat tinggal kantuk.

13. pasang alarm, Anda seting waktunya sesuai kebutuhan Anda. Sehingga pada saat Anda akan terserang kantuk, alarm berbunyi menyadarkan Anda untuk selalu siap siaga.

14. merokok, tetapi saya tidak merekomendasikan cara ini. Tidak baiklho untuk kesehatan.

15. gosok-gosokkan tangan, lalu usapkan ke muka Anda. Ini adalah cara orang tua dulu.

16. duduk tegak, supaya badan lebih siap dan fokus pada aktifitas.

17. bertanya saja, jika Anda sedang belajar di sekolah atau di kampus

Akhirnya, Anda sekarang sampai kepada bagian yang Anda tunggutunggu. Pada bagian ini, telah kami formulasikan dari berbagai pengalaman pribadi maupun orang lain. Sehingga ditemukanlah jurus yang ampuh dalam mengatasi ngantuk. Yaitu, yang terkenal dengan sebutan 3 Jurus Jitu Mengatasi Ngantuk. Ini dia jurus yang harus Anda miliki dan mampu Anda lakukan. Jurus pertama adalah Jurus 2 in 1 Jurus ini merupakan perpaduan antara faktor internal dan strategi Maksudnya? Maksud saya, faktor internalnya adalah. Mo-ti-va-si

Jadi… tekad Anda harus saaangat kuat untuk mengatasi ngantuk. Lalu berikutnya adalah

faktor strategi

Faktor strategi ini dapat Anda pilih salah satu dari 17 kiat-kiat yang sudah dijelaskan di atas. Artinya… Anda dapat memilih sendiri cara yang cocok dengan situasi dan kondisi yang ada.

Jurus 3 in 1

Jurus ini merupakan perpaduan antara faktor internal, strategi dan factor eksternal. Artinya jurus ini sebetulnya, jurus yang pertama ditambah factor eksternal, yaitu adanya bantuan dari orang terdekat di sekitar Anda. Bantuannya dapat disepakati bersama, yang penting targetnya kantuk hilang

Jurus ketiga

adalah Jurus All in 1 Jurus ini merupakan perpaduan antara: Faktor internal, strategi dan eksternal Ingat! jurus ini merupakan jurus pamungkas Dalam dunia persilatan, jurus pamungkas adalah jurus terakhir Jurus dimana semua kekuatan dan kemampuan dikeluarkan secara maksimal Jadi, pada jurus pamungkas ini semua faktor dan 17 kiat-kiat dikombinasikan sehingga menjadi kekuatan yang sangat dahsyat! Setuju??? ?

Nah, itulah 3 Jurus Jitu Mengatasi Ngantuk! Saya yakin, dengan diterapkannya ketiga jurus ini. Akan membantu Anda mengatasi ngantuk, dimanapun, kapanpun dan dalam kondisi bagaimanapun. Sehingga Anda dapat terus beraktifitas, belajar, bekerja dan berkarya Kewajiban manusia adalah berusaha dengan sungguh-sungguh, Alhasil Allah-lah yang menentukan Selamat mencoba, semoga bermanfaat

About these ads

3 responses to this post.

  1. paling sebel lht murid saya ngantuk di klas pdhl suara sy keras banget kok bs2nya tertidur!!!! . DIsuruh cuci muka jg msh ngantuk…

    Reply

    • mungkin anak2 didik bapak butuh di ajar dengan perasaan dan bukan hanya suara keras, mungkin salah satu caranya membuat anak-anak jatu cinta dengan pelajaran yag di ajarkan, dan sedikit humor agar mereka dengan sendirinya tertarik dengan bahan ajarannya, karena tidak lah semuah siswa sama, ada yg hrus suara lembut baru mudah paham, ada jg harus di kersai, dan macem2lah

      Reply

  2. Posted by JEJEX on May 6, 2011 at 9:43 am

    sekarang sy bnar2 kantuk… tp it krn sy td mlm lembur amp jm 3 pagi.. nhr ini krja lg… jm 8… ampe sore lagi…. ini atasinya gmn???? :(

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: